Pengobatan herbal saat ini mulai digalakkan kembali mengingat efek obat kimia yang berlebihan akan mempengaruhi kinerja ginjal. Salah satu herbal yang mudah ditemukan dan juga berguna sebagai tanaman bunga hias yakni bunga tapak dara. Anda tentu sangat familiar sekali ya dengan bunga cantik ini? Ketahui lebih dalam manfaat tapak dara, agar obat terdekat ini tidak hanya nganggur di rumah saja!

Deskripsi bunga tapak dara 

Bunga tapak dara termasuk bunga berakar tunggang panjang, bentuk kelopak bunga bulat dengan warna dominan ungu, ada juga warna lain pink, bentuk daunnya bulat, agak berlilin tebal dan memiliki diameter 3-5 cm. Bunga tapak dara tumbuh di area dataran tinggi dan rendah asalkan daerah tersebut masih memiliki kelembaban udara sedang. Tinggi dari tapak dara hanya mencapai 1 meter, termasuk tanaman semak yang aman. Aman dalam artian tanaman ini bisa digunakan sebagai obat sakit ringan hingga akut. 

Bunga tapak dara sangat mudah ditanam di tanah yang memiliki kandungan humus minimal sekalipun tetapi hasilnya memang bunga kurang berkembang dengan baik. Anda bisa menanamnya di lahan minimalis dengan humus atau pupuk organik agar hasilnya maksimal. 

Bagian mana saja yang bisa untuk obat?

Tanaman tapak dara termasuk tanaman obat sekaligus hias yang sempurna artinya memiliki akar, batang, daun, bunga sejati. Semua bagian tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat, akan tetapi umumnya bagian tapak dara yang seringkali dipakai adalah daunnya. Daun tapak dara yang masih hijau bisa dijadikan sebagai teh dengan cara dikeringkan dahulu lalu diseduh, bisa juga daunnya direbus lalu diminum langsung dengan madu. 

Bunga tapak dara di negara Filipina digunakan sebagai konsumsi harian bagi mereka yang mengidap sakit diabetes, tujuannya agar 130 senyawa alkanoid dalam daunnya keluar dan merangsang pembentukan insulin secara bertahap. Namun, pola makan penderita juga harus dikelola dengan baik, karena percuma saja jika minum rebusan daun tapak dara tetapi Anda makan dengan sembarangan. 

manfaat tapak dara
Sumber Image: fs.genpi.co

Manfaat bunga tapak dara

Diabetes 

Senyawa alkaloid lochnerine, senyawa tetrahydroalstonine, dan vindoline dipercaya bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Anda bisa memasak manfaat tapak dara daunnya sebanyak 5 lembar untuk ukuran segelas. Minum secara teratur 2x sehari dengan pola makan yang baik. 

Darah tinggi

Senyawa aktif  reserpin dipercaya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selama minum ramuan ini, Anda wajib menghindari makanan instan, diet garam dahulu dan mencoba perbanyak serat. Saat tekanan masih tinggi, jangan berlebihan olahraga. 

Kanker 

Senyawa yang bekerja untuk mematahkan sel kanker yang menempel pada sel inang atau tubuh Anda yaitu vinblastine dan vincristine. Jenis kanker yang diidap sangat beragam seperti kanker darah, kanker sel organ yang proses kerjanya menghambat sel yang cepat berkembang. 

Kolesterol

Daun tapak dara juga berperan penting sebagai obat penurun trigliserida dan lemak jahat tubuh secara bertahap. Tetapi, ingat manfaat tapak dara bagian daun ini hanya membantu menurunkan kolesterol jika angka kolesterolnya dikendalikan. Jangan Anda berpikir kolesterol turun dengan mudah lantas makan tanpa rem. 

Manfaat tapak dara memiliki 130 senyawa alkaloid yang fungsinya sangat besar mengobati sakit ringan seperti radang tenggorokan, batuk, pilek, kanker, diabetes. Penelitian lanjutan terus mengulas alkaloid yang kemungkinan bisa mengobati penyakit lainnya sebagai alternatif obat kimia.