Terlepas dari peningkatan produktivitas yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir, sektor pertanian di Indonesia masih merupakan jalur bisnis yang berat. Bahkan menurut Asosiasi Petani Indonesia, para petani Indonesia masih menghadapi tantangan kesejahteraan yang signifikan, termasuk kurangnya akses ke modal kerja, benih berkualitas tinggi, pupuk, teknologi pertanian, dan distribusi yang efisien. Namun, pertumbuhan sektor fintech pertanian telah memberi ruang untuk bernapas bagi para petani Indonesia dengan memungkinkan mereka untuk menstabilkan posisi dan mengatur kembali rencana mereka. Berkembangnya berbagai startup pertanian, itu telah menciptakan kesempatan bagi para petani kecil dan menengah untuk mengembangkan bisnisnya dan menimalisir tantangan yang ada. Salah satu fintech pertanian yang berusaha meningkatkan kesejahteraan para petani Indonesia adalah CROWDE. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana cara CROWDE meningkatkan kesejahteraan para petani Indonesia, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

CROWDE adalah sebuah fintech pertanian terpercaya yang telah terdaftar di OJK. Selain terdaftar di OJK, CROWDE juga menjadi bagian dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang merupakan organisasi yang mewadahi pelaku usaha Fintech Peer to Peer (P2P) Lending atau Fintech Pendanaan Online di Indonesia. CROWDE adalah startup pertanian yang memberdayakan petani dengan teknologi dan modal melalui ekosistem pembiayaan yang ramah petani. Perusahaan ini menyediakan platform pembiayaan untuk menghimpun dana dari masyarakat sebagai modal kerja petani. Dengan metode crowd-lending dan P2P lending, CROWDE menghubungkan para investor dengan para petani yang mencari modal, menciptakan lapangan kerja, dan mendukung masyarakat lokal. Dengan cara ini, itu memungkinkan siapapun untuk memberikan modal dan memilih proyek mana yang ingin dimodali. Adapun proyek pertanian yang dimiliki oleh CROWDE adalah proyek yang diusulkan oleh petani CROWDE untuk melakukan kegiatan pertanian (budidaya atau pembelian dan penjualan) dalam periode waktu tertentu. Dan pendanaan pada CROWDE dapat dilakukan dengan skema bagi hasil dan pinjaman dengan jumlah laba yang diperoleh tergantung pada proyek yang dibiayai. Selain menghubungkan investor dan petani, CROWDE juga mengintegrasikan seluruh ekosistem pertanian dari pemasok ke pelanggan melalui teknologi.

Alasan Dibentuknya CROWDE

CROWDE ini hadir dari kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia. CROWDE melihat begitu banyak petani di Indonesia (78% petani rumah tangga yang aktif), namun tidak memenuhi persyaratan permodalan bank. Hal ini diakibatkan oleh sistem pengelolaan hasil tani yang harus melalui tengkulak untuk dapat dijual di pasaran. Selain itu, banyak petani Indonesia yang tidak memiliki modal dan lahan untuk bekerja, sehingga hasil yang didapat tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Di samping itu, tantangan sektor pertanian seperti penetrasi interkoneksi dengan teknologi untuk menjadikan ekosistem yang berkelanjutan, berkurangnya regenerasi petani aktif yang 65% sekarang berusia di atas 60 tahun, dan naiknya tingkat pengangguran di desa, semua itu telah menimbulkan kesenjangan 2x lipat daripada di kota. Untuk itulah, CROWDE hadir untuk membantu petani sekaligus menjadi platform edukasi untuk permodalan.

Cara CROWDE Mendukung Petani Indonesia

Sebagai fintech pertanian Indonesia yang berfokus pada akses permodalan bagi para petani, CROWDE melakukan berbagai cara untuk mendukung dan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia. Adapun berbagai cara yang dilakukan diantaranya.

  • Memberikan Pinjaman Permodalan

CROWDE menyediakan skema dan platform peminjaman yang aman agar para petani memiliki sirkulasi pinjaman yang baik dan mendapatkan imbal hasil yang maksimal.

  • Mengajukan Proyek Permodalan

CROWDE mendukung petani dengan menyediakan bahan baku pertanian dan menghubungkan petani dengan calon pembeli

  • Menjadi Pembeli ataupun Pemasok

CROWDE juga menyediakan ekosistem untuk masyarakat membeli hasil pertanian dari petani binaan kami, ataupun membantu petani memasok hasil pertaniannya.

Sumber Artikel : https://radiodms.com/bisnis/crowde-fintech-pertanian-terpercaya/